TUGAS
REVIEW
Peng.
Animasi & Desain Grafis#
Disusun oleh:
Dwi Chandra Kurniawan
NPM: 13114282
2017 project by @DchandraK 13114282
MAKALAH
CONTOH DESAIN GRAFIK MENGGUNAKAN
APLIKASI BLENDER
1. PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Ilmu
pengetahuan dan teknologi sekarang ini sangat berkembang, sehingga manusia
dituntut agar dapat mengikuti perkembangannya. Hal ini terlihat dengan
banyaknya bermunculan perangkat lunak untuk membuat suatu objek 2D atau 3D.
Perangkat lunak yang sedang berkembang pada saat ini adalah aplikasi Blender.
Blender menawarkan sesuatu yang menarik yaitu dengan menambahkan fitur-fitur
pencahayaan. Bagian dari perkembangan yang dipupuk oleh Summer Google kode
program, dimana yayasan Blender telah berpartisipasi sejak tahun 2005. Versi
rilis stabil saat ini yaitu 2.64a, versi sebelumnya adalah 2.63a yang di rilis
pada mei 2012. Pada saat ini banyak sekali film animasi yang semakin
memperlihatkan resolusi yang tinggi yang menciptakan karya yang begitu
realistic. Film-film animasi yang menggunakan perangkat lunak Blender ini yaitu
Big Buck Bunny, Sintel, Tears Of Steel dan masih banyak lagi. Grafik komputer 3
dimensi biasa disebut 3D atau adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang,
lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi merupakan teknik penggambaran yg berpatokan
pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu
z(miring).Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari
pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga
Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk
pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan
variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri
(bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis
dalam memainkan game komputer. Film tersebut menunjukan bahwa film animasi
sekarang semakin berkembang, sehingga muncul banyak sekali perangkat lunak 3D
lainnya. Pada umumnya terdapat perangkat lunak Blender ini muncul kesulitan
seseorang untuk mempelajarinya dikarenakan sumber referensi pembelajaran yang
kurang lengkap. Maka dari itu kami ini ingin membuat suatu “Light Modeling in
Blender”. Ini untuk mempermudah pembaca mempelajari dan meningkatkan
pengetahuannya tentangpenggunaan model pencahayaan pada Blender.
1.2
LANDASAN TEORI
Desain
Pemodelan Grafik
Menurut
Suyatno, desain grafik didefinisikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni
dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industry.
Desain
adalah rencana atau gambar yang dihasilkan untuk menunjukkan tampilan dan
fungsi atau kerja dari benda sebelum dibuat.
Pemodelan
adalah pola atau contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan
merupakan tahap dimana akan dibentuknya suatu objek. Proses pemodelan memerlukan
perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Grafik
bersifat matematika, statistika dan sebagainya dalam wujud titik-titik, garis-garis,
atau bidang Bidang yang secara visual dapat menjelaskan hubungan yang ingin
disajikan secara baik untuk penyajian hasil penghitungan. Berikut adalah elemen-elemen
dasar Desain Pemodelan Grafis
Garis
: Terdapat 4 macam bentuk garis yaitu : vertikal, horisontal, diagonal, dan
kurva. Dalam pekerjaan desain grafis, garis digunakan untuk memisahkan posisi
antara elemen grafis lainnya dalam halaman dan digunakan sebagai penunjuk
bagian
1.3
TUJUAN PENULISAN
Adapun
tujuan penulian makalah desain grafik
ini adalah:
1 .
Untuk mengetahui penjelasan dari
aplikasi BLENDER.
2 .
Untuk membuat contoh pemodelan grafis
dengan menggunakan aplikasi BLENDER.
2. ISI
1.1
PENJELASAN BLENDER
Blender,
saat pertama kali mendengar kata itu mungkin saja kita berfikir blender itu
adalah sebuah alat untuk membuat jus, namun dalam dunia Grafis Blender
merupakan salah satu nama aplikasi untuk membuat grafik 3 Dimensi. Blender
merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat
di gunakan di berbagai macam OS (Operating System).
Blender
adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di
kalangan desainer.
Blender
dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga
memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem
operasi, seperti:
a) Microsoft
Windows
b) Mac
OS X
c) Linux
d) IRIX
e) Solaris
f) NetBSD
g) FreeBSD
h) OpenBSD.
Perangkat
lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil
siapa saja.
Software
ini dapat diperoleh di situs resminya yaitu blender.org. Software ini termasuk
software dengan ukuran kecil dan dapat digunakan di berbagai macam OS.
Diantaranya Windows, Linux, Ubuntu dan lain lain.
Untuk
spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah
sederhana
1) Intel
pentium III atau lebih/ AMD dsbg
2) Ram
64Mb
3) VGA
4Mb
4) Disk
Space 35Mb
5) Windows
2000 dan lebih, Linux,
Bagi
yang sudah terbiasa menggunakan 3D Max akan sangat kesulitan ketika pertama
kali menggunakan Software ini. Karena tampilan interface Software ini sangatlah
berbeda dengan 3DMax.
Tutorial
untuk aplikasi ini juga gak terlalu banyak. Sehingga kita akan sulit buat
mempelajarinya. Selain itu tutorialnya lebih banyak menggunakan bahasa inggris.
Kalian bisa mendapat tutorial blender dalam bahasa indonesia di
inbelnder.blogspot.com kunjungi aja situs itu meskinpun tidak bisa mendapatkan
tutorial blender yang banyak namun bisa sangat membantu dalam mulai belajar
membuat obyek dan animasi menggunakan blender.
1.2
CONTOH PEMBUATAN MODEL DESAIN GRAFIS
Membuat
suatu desain grafik 3 dimensi ini saya akan membuat sebuah contoh animasi mobil taxi 3 dimensi sederhana dengan cara seperti
berikut ini:
1) Peratama
– tama kita Pastikan dahulu file – user
preferences , lalu kita ceklis semua yang ada di interface. Jika yang menggunakan
leptop kita buka input kemudian ceklis
juga pada emulate numpad dan emulate 3 button mouse.
2) Selanjutnya
kita bilih edit mode - perbesar dengan klik kiri 2x geser garis warna
hijau - klik kiri 4 x kita geser garis
warna biru.
3) Kemudian
kita klik use 3d - kita pilih loopcut lalu kita arahkan keatas - lalu
kita pilih lagi loopcut dan garis kuning akan muncul jika kita sudah pilih edit
mode kita pilih pada tengah kotak seperti gambar .
4) Lalu
kita ke ujung bagian atas kita klik kanan +sift+tarik kedepan dan kebawah
- kemudian kita lakukan di titik
selanjutnya dengan hal yang sama .
5) Selanjutnya
kita tekan sift tahan kita klik titik –
titik yang ada di bawah untuk menyekeksi titiknya - kita pilih loopcut - kita
arahkan seleksi 4 titik- pilih extrude region - kemudian kita majukan ke depan
. lakukan hal yang sama di bagian belakang kotak sampai kita selesai mengarahkannya.
6) Kemudian
kuta majukan titik yang bawa paling
depan kita pilih loopcut seleksi titiknya dan pilih extrude
region dan majukan kedepan begitu juga yang belakangnya.
7) Jika
sudah kita akan pilih lagi loopcut lalu kita arahkan lalu klik kiri tarik ke atas – loopcut lagi
klik kiri arahkan lalu ita trus loopcat sampai arahnya bernar. Hingga menjadi
jendela pada mobil.
8) Lalu
kita seleksi dengan klik kanan pada
bagian seluruh jendela mobil jngan lupa menekan sift , lalu kita klik extrude
region klik kanan lalu kita masukan ke dalam.lalukan hal yang sama pada bagian
sebelahnya .
9) Kita
mulai beri warna pada mobil yang kita buat dengan cara kita pilih material lalu
kita ubah spekulasinya menjadi kecil
supaya tidak terlalu memantul warnanya. Lalu kita pilih warna merah ,kemudian
klik kanan +sift ,kita seleksi untuk kaca kita ganti warna putih dengan cara
yang sama kita pilih warna kuning untuk atas taxinya.
10) Terakhir
kita akan membuat roda mobilnya kita pilih add – mesh kita pilih cylinder lalu klik view
pindah jadi persepektif kita ganti jadi orto , kemudian pilih front +
tekan R rubah angkanya menjadi 90 +enter.
Rotasi kita perkecil dengan tekan S kemudian kita atur tempatnya , kita
seleksi dengan ctrl +L +sift +D +klik kanan dan tarik untuk mengkopi rodanya kita pilih mesh lalu pilih mirror x supaya roda tidak terbalik . setelah selsai
kita ke objek mode untuk melihat
hasilnya inilah hasil yang kita buat .
3. PENUTUP
3.1
KESIMPULAN
Jadi dalam pembuatan
model desain grafis aplikasi BLENDER sangat cocok digunakan karena memiliki
fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan
dapat diambil siapa saja. Blender juga
menawarkan sesuatu yang menarik yaitu dengan menambahkan fitur-fitur
pencahayaan. Blender ini muncul kesulitan seseorang untuk mempelajarinya
dikarenakan sumber referensi pembelajaran yang kurang lengkap. Maka dari itu
mereka ini ingin membuat suatu “Light
Modeling in Blender”. Ini untuk mempermudah pembaca mempelajari dan
meningkatkan pengetahuannya tentangpenggunaan model pencahayaan pada Blender.
Maka tidak heran Blender banyak di gunakan sebagai pembuatan film animasi yang
bergengsi.
4. DAFTAR
PUSTAKA
REVIEW
Ada beberapa kekurangan
dari makalah atau paper tersebut agar menambah wawasan para pembacanya seperti
berikut :
1. Fitur – Fitur pada Aplikasi Blender
Blender
memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain
tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat
lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak
high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang
tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari
200.000 download dari rilis masing-masing.
Fitur
termasuk:
1) Model:
Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva
B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh;
Python Scripting
2) Rigging:
Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
3) Animasi:
animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi
Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala
animasi
4) Rendering:
raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang,
non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek
termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses
pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
5) UV unwrapping:
Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan
jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
6) Shading:
membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta
Refleksi
7) Fisika
dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator
Fluida; solver Realtime tubuh lembut
8) Imaging
dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter,
warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat;
Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
9) Realtime
3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan;
jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul,
majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan
Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan
OpenGL; Python scripting; Audio. Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada
semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000,
XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya. Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng
memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens . Lebih dari 200.000 download
(pengguna) dari seluruh dunia , Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi
rendah.
2. Kelebihan Aplikasi Blender
Blender
adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten
multimedia khusunya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang
dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :
Open
Source Blender merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa
bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial,
asal tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan Blender.
1)
Multi
Platform
Karena sifatnya yang open source,
Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan
Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan
berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
2)
Update
Dengan status yang Open Source, Blender
bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat
dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang
software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia di situs
resmi blender.org melainkan di graphicall.org
3)
Free
Blender merupakan sebuah software yang
Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya
fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan
digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam
mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan
seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar
untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
4) Lengkap
Blender memiliki fitur yang lebih
lengkap dari software 3D lainnya. Coba cari software 3D selain Blender yang di
dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing,
Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di bundling seperti
Blender.
5) Ringan
Blender relatif ringan jika dibandingkan
software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan
Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on
board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan
secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.
6) Komunitas
Terbuka ,Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang
sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka
untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi
tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE
garapan Blender Institute.
Sumber:
No comments:
Post a Comment